pertama-tama kita harus mempersiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu alat dan bahannya
alat dan bahan:
  • 2 buah pc
  • 1 buah kabel cross over
  • 2 buah kabel straight over
  • 1 buah switch/hub
langkah-langkah dalam mendeteksi trouble shoot jaringan.
  1. p'tama-tama colokkan kabel cross over untuk m'hubungkan 2 buah pc. 
  2. lalu lihat aktivitas k'dua pc t'sebut bila deteksi jaringan lan pc 1 beres maka kita lihat d'pc 2 bila di pc 2 ada tanda segitiga dan tengahnya ada tanda seru maka kita lihat/ ip address nya dengan cara klik start-control panel-network conection-lan lalu pilih properties setelah iti pilih tcp/ip enter lalu properties.
  3. setelah itu kita lihat apakah d'pc itu m'gunakan ip dinamis/manual.
  4.   jika dinamis maka kita ganti dengan ip manual dengan cara klik start-control panel-network conection-local area network conection-properties atau bisa juga explore-my computer-properties-tcp/ip lalu properties.lalu pilih use the following ip address lalu isi ip address,subnet mask,default gateway kalau perlu isi juga dns servernya lalu klik ok.  jika sudah selesai kita coba ping antara pc 1 dengan pc 2 jika request time out maka kita lihat konektornya.
  5. jika yang satu berhasil dan yang satu request time out maka kita cek d'network conection-local area conection properties dengan cara seperti d'atas lalu pilih tab advance lalu pilih setting lalu klik off setelah itu klik ok 
  6. lalu setelah itu pasang hub dan perhatikan apakah lampu powernya menyala setelah itu pasang kabel straight overnya untuk menghubungkan hub & pc dan pastikan lampu dalam hubnya menyala jika menyala maka dalam monitornya akan ada tulisan local area conection is conected dan jika lan unplugged maka kita cek konektor pada pc setelah itu cek pada hub dan kabel power hubnya jika konektornya kurang masuk(kendor) kita bisa langsung mendorongnya atau melepasnya lalu pasang lagi begitu juga dengan conector d'pc.
Demikian diagnosa pc dalam jaringan dari saya jika ada yang salah atau kurang mohon d'maafkan.....

0 komentar:


 

Original Blogger Template | Modified by Animart